Tips dan Trik untuk New Product Development di era digitalisasi

New Product Development berasal dari kata “New, Product, dan Development” yang berarti pengembangan baru untuk sebuah produk. Dilansir oleh economics discussion, new product development adalah sebuah pengembangan produk yang didalamnya terdapat new improvements, modifications dan pengembangan brand baru melalui riset dan usaha pengembangan dari sebuah perusahaan. Di era digitalisasi, perusahaan pun diharuskan melakukan new product development untuk brand perusahaan. Lalu, bagaimana tips dan trik tahapannya?

Tips dan Trik untuk New Product Development di era digitalisasi

Terdapat beberapa tujuan untuk new product development:

  1. Kualitas eksekusi 
  2. Prioritasisasi yang lebih tajam, fokus, dan baik
  3. Pemrosesan paralel yang cepat
  4. Pendekatan tim yang multifungsi
  5. Orientasi pasar yang kuat
  6. Mempermudah pekerjaan di kemudian hari

Yuk, simak insight dari Kelas Sertifikasi Produk “Brand Management” berikut ini!

  • Brainstorm the Idea

Tahapan pertama untuk new product development adalah mencari, mengumpulkan dan mendapatkan ide serta konsep untuk pengembangan produk baru. Cara ini dapat dilakukan dengan berdiskusi, berkolaborasi untuk merancang ide, feedback dan review di dalam tim pengembangan produk.

Selain itu, tim pengembangan produk juga harus mengumpulkan strategi dan value baru untuk pengembangan produk agar dapat dipromosikan melalui media komersial.

  • Refresh the Development

Tahap pengembangan ini adalah kamu perlu untuk penyempurnaan konsep dan ide, serta membuat sebuah prototipe untuk produk barumu. 

Kamu juga bisa membuat finalisasi untuk model, fitur, spesifikasi dan value untuk pengembangan produk. Pengembangan produk juga dapat didukung dengan strategi promosi yang baik dari tim pemasaran seperti melakukan riset segmentasi, targeting, dan positioning untuk produk baru.

  • Test & Plan for your New Product Development

Setelah penyempurnaan konsep dan ide selesai, terdapat final testing dan launch planning untuk produk pengembangan baru mu. Final testing dilaksanakan dengan menguji coba rancangan produk agar pengembangan produk tetap terkendali. Selain itu, launch planning dibuat agar  perencanaan strategi terkait pengembangan produk sesuai dengan target audience dan market yang ada.

  • Pre-Launch for the New Product Development

Tahapan selanjutnya adalah mempersiapkan segala hal untuk memperkenalkan pengembangan produk baru. Pre-launch ini akan melalui tahapan production scale-up, quality check, legal clearance, communication script saat meluncurkan produk baru bahkan memastikan distribusi produk dapat bekerja dengan baik saat hari launching produk baru tersebut.

  • Post-launch Time

Jika semua tahapan sudah terlewati dengan baik, saatnya melakukan review untuk melakukan tracking, tinker dan extract learning terhadap ketertarikan konsumen untuk produk baru. Di Dalam tahapan ini, perusahaan dapat menyediakan informasi dan ketersediaan akan produk melalui media offline store dan online store untuk mempermudah konsumen mendapatkan produk dan merasakan adanya new product brand seamless experience.

Demikian insight dari Kelas Sertifikasi Produk “Brand Management”.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mendapatkan deeper insight tentang new product development di era digitalisasi dari Kelas Sertifikasi Produk “Brand Management”?


Yuk, Belajar Sertifikasi Produk “Brand Management” sekarang melalui link berikut ini!