Perubahan Baru Youtube, Mempengaruhi Youtubers

Youtube Premium, produk baru yang membuat user youtube dapat menonton seluruh video tanpa jeda iklan

Perubahan Baru Youtube, Mempengaruhi Youtubers

Youtube meliris produk baru, yaitu: Youtube Premium. Produk baru ini membuat user youtube dapat menonton seluruh video tanpa jeda iklan. Namun, produk ini memiliki dampak pada youtubers.

Youtube premium menyediakan fasilitas subscription untuk user youtube agar mampu menonton jutaan video tanpa iklan, mendownload video dan playlist di perangkat seluler untuk ditonton secara offline, terus memutar video di perangkat seluler saat menggunakan aplikasi lain atau ketika layar non aktif.

Youtube meluncurkan produk ini karena youtube sedang berada di posisi mature. Jika, marketer melihat bagan product life cycle, youtube harus melakukan inovasi produk agar mampu mempertahankan bisnisnya.

Namun, apakah dengan adanya produk ini mempengaruhi youtubers dan brand yang melakukan advertising melalui platform youtube?

Data terakhir dari variety.com menyebutkan, Youtube premium sudah memiliki 20 juta subscriber di tahun 2020. Data ini menunjukkan data yang cukup signifikan yang sebagai strategi baru dalam model bisnis subscription, dimana model bisnis ini sudah di dahului oleh Netflix.

Youtube premium memiliki dampak pada youtubers yang memiliki konten dan brand-brand yang memasang advertising melalui youtube. Semakin banyak subscriber youtube premium, maka akan berdampak youtubers, terutama pada mekanisme adsense. Selain itu, brand juga akan memiliki dampak dari jumlah viewers yang menonton advertising dari konten-konten youtubers.

Menurut marketer, dampak kemungkinan apalagi yang akan muncul dari youtube premium ini? Apa sudah mendapatkan notifikasi youtube premium? Atau, sudah subscribe youtube premium?

Nah, kira-kira layanan baru ini punya dampak apa ya ke brand yang pasang iklan melalui youtube? Dan, apakah ada dampaknya untuk youtubers?

Mari kita simak di sertifikasi digital marketing MarkPlus Institute.