Memperluas Market Coverage dengan Territory Management

Memperluas Market Coverage dengan Territory Management

Untuk sebagian team sales, mengelola wilayah, memaksimalkan potensi wilayah, dan menggarap wilayah sangat melelahkan dan tidak produktif. Kesalahan dalam territory management terkadang muncul dari tidak dimulai dengan memprioritaskan segmen, tidak membangun hubungan dengan baik dengan key account dan tidak memaksimalkan CRM.

Territory management sangat penting untuk memperluas dan memaksimalkan market coverage. Market coverage ini dapat maksimal jika digunakan dengan baik dengan meningkatkan intensitas aktivitas penjualan. Aktivitas penjualan yang dimaksud dapat berupa prospecting, approaching, dan melakukan servicing key account.

Menurut Anda, apakah ada perbedaan untuk menghandle key account di Jakarta berdasarkan ring territory diatas?

Ya, ada perbedaannya. Penanganan territory untuk ring 1 berbeda dengan ring kedua. Mengapa bisa terjadi? Karena, berbedanya segmentasi pelanggan, berbedanya daerah demografi dan wilayah mempengaruhi treatment dalam territory management. Perbedaan wilayah ini juga dapat diatasi dengan memfokuskan aktivitas selling berdasarkan segmen.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang territory management, Anda dapat mengikuti training + sertifikasi sales operation. Apa itu sales operation?

Sales operation fokus mengembangkan teknik selling skills yang komprehensif, dimulai dari mengumpulkan database, teknik approaching calon client, menggali kebutuhan client, merepresentasikan feature, advantage, dan benefit, handling objections, dan melakukan closing yang tepat.

Selain itu, sales operation membantu Anda fokus untuk membuat sales plan yang komprehensif dalam segi time dan territory management. Time management membantu Anda untuk mengelola job desk berdasarkan pembagian waktu, sedangkan, untuk territory management akan membantu Anda untuk memetakan wilayah mana yang diprioritaskan sesuai dengan target Anda.

Program sertifikasi sales operation menyediakan self-learning paced atau belajar secara mandiri di website markplusinstitute.com. Benefit yang didapatkan pada program ini adalah mendapatkan free e-learning selama 1 bulan, feedback dari analyst MarkPlus Institute, forum diskusi online, dan 5 sertifikat (1 sertifikat kompetensi BNSP + 4 e-certificate completions).

Bagaimana mekanisme program sertifikasi sales operation? Anda akan belajar selama 1 bulan penuh, program akan dimulai pada setiap tanggal 1 diawal bulan. Selama 1 bulan Anda akan belajar tutorial secara mandiri di website dan mendapatkan module downloadable. Selain itu, pada akhir bulan, pihak MarkPlus Institute akan mengirimkan mekanisme ujian, jadwal ujian, dan jam ujian untuk masing-masing peserta.