Memperkuat brand awareness untuk menguatkan brand equity

Brand recognition atau perkenalan brand adalah langkah utama atau langkah dasar dalam mengkomunikasikan brand. Salah satu cara paling mudah untuk mengkomunikasikan dan memperkuat brand adalah asosiasikan atribut brand tersebut. Penamaan brand memiliki peranan sangat penting untuk menempatkan positioning di benak pelanggan. Tanpa adanya nama dan asosiasi, agak sulit untuk menempatkan dibenak pelanggan

Memperkuat brand awareness untuk menguatkan brand equity

Ketika membeli suatu produk kita sering menyebut satu brand walau dibenak kita bukan brand itu. Contohnya, kita ingin membeli popok bayi bermerek C, namun menyebutnya dengan brand D. Kita ingin membeli air minum dalam kemasan B namun yang disebut brand bernama A. Hal ini menandakan kuatnya brand dibandingkan kategorisasi. Bagaimana perjalanan brand-brand ini agar memiliki brand equity yang kuat? Apa langkah utamanya?

Brand recognition atau perkenalan brand adalah langkah utama atau langkah dasar dalam mengkomunikasikan brand. Salah satu cara paling mudah untuk mengkomunikasikan dan memperkuat brand adalah asosiasikan atribut brand tersebut. Penamaan brand memiliki peranan sangat penting untuk menempatkan positioning di benak pelanggan. Tanpa adanya nama dan asosiasi, agak sulit untuk menempatkan dibenak pelanggan.

Apa yang ada dibenak Anda ketika melihat brand ini?

McDonald’s memiliki asosiasi yang kuat dengan fun, kids, big mac, dan fast food. Dalam case McDonald’s, asosiasi yang dibuat oleh Mcdonald’s tidak terlalu rumit dan kompleks, struktur asosiasi yang dibangun dapat terbilang mudah diingat. Struktur asosiasi dibangun tidak harus terlalu kuat atau terlalu lemah, namun, bisa ditentukan varible yang mudah diingat atau ringan.

Salah satu cara membuat asosiasi adalah dengan membuat familiarity atau liking. Dengan membuat familiarity atau liking akan sangat mudah mengasosiasikan suatu brand ke brand kategorinya. Familiarity atau liking ini menstimulus brand dengan atribut asosiasi. Pelajari selengkapnya mengenai brand operation certification melalui link berikut ini:

Program sertifikasi brand operation fokus untuk membantu individu untuk mengembangkan brand, seperti membuat produk baru, mengetahui preferensi produk oleh customer, dan mengetahui trend produk. Sertifikasi brand operation juga membantu untuk mengelola brand, mengkomunikasikan brand melalui event, dan memperkuat brand equity.

Program sertifikasi brand operation menyediakan self-learning paced atau belajar secara mandiri di website markplusinstitute.com. Benefit yang didapatkan pada program ini adalah mendapatkan free e-learning selama 1 bulan, feedback dari analyst MarkPlus Institute, forum diskusi online, dan 5 sertifikat (1 sertifikat kompetensi BNSP + 4 e-certificate completions).

Bagaimana mekanisme program sertifikasi brand operation? Anda akan belajar selama 1 bulan penuh, program akan dimulai pada setiap tanggal 1 diawal bulan. Selama 1 bulan Anda akan belajar tutorial secara mandiri di website dan mendapatkan module downloadable. Selain itu, pada akhir bulan, pihak MarkPlus Institute akan mengirimkan mekanisme ujian, jadwal ujian, dan jam ujian untuk masing-masing peserta.