Creative Thinking For Innovative Solution: Mengembangkan ide untuk menjadi solusi yang inovatif

Kata kreativitas mungkin sudah umum dibicarakan banyak orang, namun apa sebenarnya makna kreatif? “Kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menciptakan ide yang out of the box”. Ini adalah penjelasan yang paling umum kita dengarkan. Sebenarnya, Ide dari kreativitas tidak bisa hanya sekedar muncul, tetapi perlu dikembangkan. Hal tersebut perlu dilakukan agar ide dapat menjadi suatu solusi yang berguna untuk menyelesaikan masalah.

Creative Thinking For Innovative Solution: Mengembangkan ide untuk menjadi solusi yang inovatif

Kata kreativitas mungkin sudah umum dibicarakan banyak orang, namun apa sebenarnya makna kreatif? “Kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menciptakan ide yang out of the box”. Ini adalah penjelasan yang paling umum kita dengarkan. Sebenarnya, Ide dari kreativitas tidak bisa hanya sekedar muncul, tetapi perlu dikembangkan. Hal tersebut perlu dilakukan agar ide dapat menjadi suatu solusi yang berguna untuk menyelesaikan masalah. Berikut salah satu quotes mengenai kreativitas:


“Creativity is Intelligence Having Fun” - Albert Einstein.

Jika membaca maksud dari quotes tersebut, kreativitas memiliki arti bahwa ide diciptakan berdasarkan kemampuan. Ide mungkin diciptakan dengan otak kanan, namun kita memerlukan otak kiri untuk menerapkan ide tersebut, karena sejatinya ide yang baik adalah ide yang berguna. Lalu, siapa saja yang memerlukan kemampuan berpikir kreatif?

Kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan semua orang, apapun pekerjaannya. Mengapa demi kian? Kenapa bukan hanya pelukis atau musisi? Jawabannya adalah karena, berpikir kreatif merupakan cara untuk problem solving/pemecahan masalah. Kita sebegai professional maupun non-professional pasti pernah menghadapi masalah bukan? Itulah sebabnya mengapa kemampuan berpikir kreatif menjadi penting untuk semua orang.