Creative Thinking For Innovative Solution: Mengembangkan ide untuk menjadi solusi yang inovatif

Kata kreativitas mungkin sudah umum dibicarakan banyak orang, namun apa sebenarnya makna kreatif? “Kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menciptakan ide yang out of the box”. Ini adalah penjelasan yang paling umum kita dengarkan. Sebenarnya, Ide dari kreativitas tidak bisa hanya sekedar muncul, tetapi perlu dikembangkan. Hal tersebut perlu dilakukan agar ide dapat menjadi suatu solusi yang berguna untuk menyelesaikan masalah.

Creative Thinking For Innovative Solution: Mengembangkan ide untuk menjadi solusi yang inovatif

Kata kreativitas mungkin sudah umum dibicarakan banyak orang, namun apa sebenarnya makna kreatif? “Kreatif merupakan kemampuan seseorang untuk dapat menciptakan ide yang out of the box”. Ini adalah penjelasan yang paling umum kita dengarkan. Sebenarnya, Ide dari kreativitas tidak bisa hanya sekedar muncul, tetapi perlu dikembangkan. Hal tersebut perlu dilakukan agar ide dapat menjadi suatu solusi yang berguna untuk menyelesaikan masalah. Berikut salah satu quotes mengenai kreativitas:


“Creativity is Intelligence Having Fun” - Albert Einstein.

Jika membaca maksud dari quotes tersebut, kreativitas memiliki arti bahwa ide diciptakan berdasarkan kemampuan. Ide mungkin diciptakan dengan otak kanan, namun kita memerlukan otak kiri untuk menerapkan ide tersebut, karena sejatinya ide yang baik adalah ide yang berguna. Lalu, siapa saja yang memerlukan kemampuan berpikir kreatif?

Kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan semua orang, apapun pekerjaannya. Mengapa demi kian? Kenapa bukan hanya pelukis atau musisi? Jawabannya adalah karena, berpikir kreatif merupakan cara untuk problem solving/pemecahan masalah. Kita sebegai professional maupun non-professional pasti pernah menghadapi masalah bukan? Itulah sebabnya mengapa kemampuan berpikir kreatif menjadi penting untuk semua orang.

Coba perhatikan tokoh-tokoh diatas. Mereka semua merupakan orang penting/terkenal, yang memiliki dasar kemampuan berpikir karena mereka mampu menemukan ide-ide untuk dapat menjadi solusi. Misalnya, Steve Jobs ia menciptakan Apple dengan slogannya yang paling terkenal “Think Different” dua kata ini mirip dengan maksud dari out of the box bukan? Ia mendorong nilai untuk dapat menciptakan sesuatu yang berbeda dan bermanfaat untuk pelanggan. Lalu, bagaimana dengan Ki Hajar Dewantara? Ia merupakan Aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, Ia berusaha untuk menemukan jalan untuk memberikan sosialiasi betapa pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Darimana sisi kreatifnya? Beliau mampu untuk memberikan penyampaian yang dapat memengaruhi orang lain, hal ini tentu akan membawa perubahan bukan? Konteks dari kreatif memang luas.

Selanjutnya adalah Musisi The Beatles, pekerja seni memang paling sering disebut kreatif. Kalau mendengar nama “The Beatles” pasti kita selalu teringat dengan genre-nya yang memiliki karakteristik yang khas. Jika sejak awal disebutkan bahwa kreativitas yang baik ialah ide yang dapat membawakan solusi, lalu apa solusi yang disajikan The Beatles? Jawabannya sederhana, yaitu kepuasan pendengar. Melalui musiknya ia dapat membawa suasana sehingga memengaruhi situasi hati si pendengar melalui musik kita dapat merasa sedih, senang, juga terpinspirasi.

Melalui pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif sangat penting untuk siapa saja. Tidak hanya seorang leader, tapi juga team member. Apalagi di era yang tidak pasti dan mudah berubah, solusi harus dapat diciptakan tak terkecuali untuk inovasi. Dalam konteks bisnis, solusi tersebut harus dibutuhkan, memberikan manfaat dan dapat digunakan untuk memenangkan pasar. Anda dapat menggunakan metode SCAMPER untuk memacu Anda dalam mengembangkan ide untuk inovasi, sebagai berikut:

Metode SCAMPER merupakan salah satu cara untuk brainstorming dan menemukan ide-ide out of the box. Selain SCAMPER masih banyak lagi metode yang dapat digunakan untuk berpikir kreatif, seperti 6 thinking hats, mind mapping, dan sebagainya. Pelajari selengkapnya mengenai Creative Thinking for Innovative Solution di Webinar Public Education Program MarkPlus Institute